Kompartemen Bidang Keahlian ilmu Terapan dan Ruang Lingkup

9 Kompartemen pilihan Keahlian

Bidang Kesehatan dan Olahraga

(1)

merupakan bidang keahlian ilmu terapan yang fokus mempelajari pendidikan kesehatan dan olahraga.

Bidang Sains dan Teknologi Terapan

(2)

    • Bidang keahlian ilmu terapan sains, yang fokus mempelajari ilmu-ilmu eksak, seperti matematika, biologi, fisika, kimia, statistika.
    • Bidang keahlian ilmu terapan teknik, yang fokus mempelajari keahlian teknik sipil, mesin, informatika, elektronika, elektro, elektromedis, komputer, desain produk, interior, bioteknologi dan teknologi nano.
Bidang Sosial Humaniora dan Hospitality

(3)

adalah bidang keahlian ilmu terapan yang fokus mempelajari sosial humaniora dan hospitality, seperti administrasi perkantoran, keuangan, politik, studi pembangunan, perhotelan dan manajemen hotel, praktik ilmu hukum.

Bidang Administrasi dan Bisnis

(4)

adalah bidang keahlian ilmu terapan yang fokus mempelajari administrasi bisnis, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, akuntansi terapan, perpajakan, keuangan dan perbankan, sosial ekonomi pertanian.

Bidang Linguistik

(5)

adalah bidang keahlian ilmu terapan yang fokus mempelajari bahasa dan linguistik, seperti sastra Indonesia, antropologi linguistic, sastra Inggris, dsb.

Bidang Digital Komputer dan Teknologi

(6)

adalah bidang keahlian ilmu terapan yang fokus mempelajari penerapan teknologi digital pada era kecepatan informasi, seperti teknologi bisnis, teknologi media digital (game elektronik, animasi digital), aplikasi deteksi, diagnosis dan terapi klinis, multimedia dan desain grafis.

Bidang Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat

(7)

adalah bidang keahlian ilmu terapan yang fokus mempelajari program komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi intercultural, komunikasi media sosial, pengembangan masyarakat hingga seni.

Bidang Tata Boga, Tata Busana, Tata Rias, dan Gizi

(8)

adalah bidang keahlian ilmu terapan yang fokus mempelajari teknik seni penataan dengan memperhatikan kualitas, rasa, estetika, dan gizi.

Bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perkebunan, Kelautan, Kehutanan, dan Lingkungan

(9)

  • Bidang keahlian ilmu terapan pertanian yang fokus mempelajari pengelolaan tanaman di kebun, sawah, atau ladang.
  • Bidang keahlian ilmu terapan peternakan yang fokus mempelajari pengelolaan peternakan.
  • Bidang keahlian ilmu terapan perikanan yang fokus memperlajari pengelolaan sumber daya perairan (tawar, payau, dan laut).
  • Bidang keahlian ilmu terapan perkebunan yang fokus mempelajari pengelolaan budidaya produksi tanaman perkebunan.
  • Bidang keahlian ilmu terapan kelautan yang fokus mempelajari eksplorasi, eksploitasi dan konservasi sumberdaya laut berkelanjutan yang berbasis kearifan lokal.
  • Bidang keahlian ilmu terapan kehutanan dan lingkungan yang fokus mempelajari pengelolaan konservasi hutan, pemetaan hutan, manajemen lingkungan, dsb.
X